Saturday, April 11, 2009

Penaburan Benih

a).Ukuran benih harus seragam berkisar 10-15 cm dalam setiap 1 m3. air kolam dapat diisi 30-50 ekor benih berukuran 10-15 cm.
kenapa ukuran benih harus seragam? sebenarnya ini untuk antisipasi terjadinya saling memangsa antara lele yang besar dan yang kecil, karena lele merupakan jenis ikan kanibal (saling memangsa).

b). Makin besar benih, populasi benih harus makin jarang agar gerakan lele leluasa. karena kepadatan akibat ketidak seimbangan jumlah populasi lele dengan ukuran kolam akan mengakibatkan sesak dan perkembangan ikan lele akan kurang produktif.

c). Kondisi benih juga harus diperhatikan. Benih yang sehat memiliki ciri lincah bergerak dan tidak terdapat luka. jangan terlalu kuatir jika ada sebagian benih lele yang mati, lekas ambil dan buang.


d).Penebaran benih dilakukan dengan cara memasukan kantong plastik berisi benih ke dalam kolam biarkan 10-15 menit lalu lepaskan dari plastik, jangan langsung menaburkan atau memasukan benih ke dalam kolam karena benih lele perlu adaptasi terhadap suhu kolam, atau bisa juga mengisi gayung atau ember dan diisi dengna air dari kolam lalu masukan beberapa benih ikan lele. Atau air kolam dimasukkan ke dalam kantong plastik dan dibiarkan mengapung di kolam selama 10-15 menit.

0 comments:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007